21/06/20

Tips Sembuh dari Patah Hati

Hampir semua orang tentu pernah merasakan patah hati, termasuk juga kamu. Terutama patah hati dengan seseorang, yang sakitnya bisa berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan jadi luka menahun yang sulit disembuhkan. Kali ini saya akan berbagi dengan kalian gimana caranya sembuh dari patah hati, karena tips ini juga dikumpulkan dari berbagai pengalaman orang yang patah hati kemudian sembuh perlahan-lahan.  

Jadikan pelajaran


Ada baiknya segala pengalaman tentang patah hati bisa kamu jadikan pelajaran. Hilangkan kebencian tentang segala peristiwa yang ada saat itu, namun kamu harus tetap berjanji untuk waspada sehingga tidak akan terulangi lagi di kemudian hari. Sering kali pengalaman lahir dari kondisi kita yang pernah jatuh dan terluka. Satu lagi, kamu juga pasti pernah melewati masa-masa indah bersamanya, yakin aja bahwa Tuhan sudah menakdirkan dia untuk mengenalmu. Jadikan salah satu pelajaran terbaik. 

Cerita


Bisa jadi segala uneg-uneg yang ada di kepalamu dan masalah yang masih saja memenuhi kehidupanmu perihal patah hati terjadi karena kamu lupa bahwa ada orang-orang yang siap mendengarkan ceritamu. Kenali orang baik di sekitarmu, bebaskan kegelisahanmu, cerita dengan mereka. Tapi inget, khusus buat orang yang kamu kenal dekat dan bisa dipercaya ya.

Jangan menghindar


Eits, buat yang abis putus, terus menghilangkan semua akses dengan dia, sebaiknya jangan. Akun media sosialmu, semisal Instagram, facebook, twitter, dll, biarkan tetap terhubung dengan akun yang dia punya. Setidaknya secara tersirat, kamu akan tetap baik-baik saja sekalipun tidak bersama dia lagi.

Mulai buka hati


Wajar, kamu pasti trauma. Tapi sayang sekali kalau kamu jadi kehilangan cara untuk membuka hatimu dengan orang lain. Cobalah bangun kembali kepercayaan dirimu. Sampaikan pada dirimu bahwa setiap manusia berharga dengan cara yang dia punya. Apapun, kamu adalah versi terbaik yang Tuhan ciptain. Jadi mulailah membuka hati, mengenal banyak orang lagi, dan hilangkan persepsi bahwa kamu ngga layak ada di tengah-tengah mereka.

Kasih hadiah buat diri kamu sendiri


Sudah lama mungkin kamu terlalu menyalahkan diri sendiri, sampai-sampai kamu lupa bahwa ada yang harus dijaga dan dirawat, yaitu kesehatan fisik dan mentalmu. Sesekali manjain diri kamu dengan pergi “solo traveling” ke tempat baru, beli barang yang kamu suka, nonton film kesukaanmu, atau mungkin makan di resto favoritmu. Sampein ke diri kamu, “kamu akan baik-baik aja kok.”.

Teman-teman semua, buat yang sedang patah hati, ayok segera bangkit dan berdiri lagi. Lupakan sakitnya, tapi tetap jadikan pelajaran. Setiap kita berhak untuk bahagia.



Ikrom Mustofa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...