02/08/17

Membuka Sajak Nanar yang Berubah Jadi Tegar



Perlahan tapi pasti, aku mulai memberikan semacam kesepakatan pada diri sendiri. Tentang mendamaikan perasaan ini. Aku belajar dari kesalahan yang sudah-sudah. Belajar dari pengalaman masa lalu. Aku tahu, ini berat. Bahkan aku harus mengulang semua cara bersikapku padamu. Tentang caraku memperlakukanmu, mengagumi semua hal tentangmu, terutama tentang segenap perasaan ini terhadapmu.

Seperti kata pepatah, tak harus jatuh cinta, aku mencukupkan diri untuk hanya jatuh hati terhadap semua yang ada pada dirimu. Hingga segala tentangku terutama soal perasaan ini akan tetap baik-baik saja, bahkan ketika pada akhirnya tak mungkin kamu miliki."

“Perjalanan baru ini harus segera dimulai.” Gumamku tegar. Dalam hati.

Pernahkah kamu bayangkan bagaimana mengubah nanar menjadi tegar? Mengubah sepotong hati yang mengandung perasaan pada seseorang jadi sebuah kekuatan baru. Menghilangkan ketakutan akan hal-hal terburuk. Menjauhkan segala prasangka yang tidak-tidak. Menjadi lebih hati-hati dalam bersikap. Kamu tahu, aku melakukannya kali ini. Pada ke sekian kalinya ketika aku sadar bahwa berharap terlalu dalam harus diluruskan niatnya. Pada pertahanan paling menyesakkan ketika membebaskan perasaan pada seseorang mau tak mau juga harus melepaskan segala tendensi untuk memaksa. Bukankah setiap orang punya perasaan dengan haknya masing-masing? Kamu tak boleh memaksanya sedikit pun. Termasuk aku yang tak pernah mau lagi memaksamu suka. Namun aku tetap mendoakan yang terbaik.

Sebab aku menyukaimu. Aku mengagumi dirimu lebih dari sekadar kata-kata. Namun sayangnya aku kehilangan diriku sendiri waktu itu.


Aku mulai sadar bahwa satu pelajaran terbaik ialah ketika kita mampu belajar dari kesalahan masa silam. Tentang cara menghibur diri atas jatuh cinta yang sarat akan sakit. Aku kemudian terbiasa menjadi orang baru, hati yang baru, namun sekali lagi aku tetap menaruh perasaan ini padamu.



-Ikrom Mustofa-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...