16/07/13

“Sendratari Ramayana- Budaya, Tradisi, dan Kekayaan Negeri”

Sudah hampir dua minggu berada di desa Kemudo , Prambanan, Klaten. Beberapa program sudah ada yang selesai, hanya tinggal finishing saja. Ada salah satu hal yang begitu menarik, Kedatangan tim IPB Goes To Field kali ini bertepatan dengan adanya event Sendratari Ramayana di kompleks candi prambanan. Sebuah pertunjukan yang menggabungkan unsur tarian, cerita, dan estetika yang diperankan oleh begitu banyak lakon. Ah, pantas saja pertunjukan yang berkisah tentang “Rama dan Shinta” ini selalu dipenuhi oleh penonton baik lokal maupun mancanegara.
Tak banyak cerita yang akan ku ungkapkan, sebab cerita tentang Ramayana sudah begitu banyak, bahkan ia hadir dalam berbagai versi. Inilah sebenarnya budaya yang perlu dipelajari, tradisi yang harus dipertahankan, karena inilah kekayaan negeri yang tak boleh diklaim ‘lagi’ oleh negara lain.
Benar, nikmat-Nya memang datang dengan tiada diduga-duga. Kali ini ditempatkan di desa yang hanya berjarak beberapa kilometer dari Candi Prambanan, bebas jalan-jalan, dapat bonusan nonton sendratari gratis, dan masih banyak lagi. Ah, bukankah beroleh kesehatan di sana juga merupakan bagian dari nikmat yang harus selalu disyukuri.
Keceriaan tim begitu antusias di awal pertunjukan
Berfoto bersama dengan latar belakang Prambanan
Ah, tak dapat terlukiskan betapa gemulainya mereka. -_-
Salah satu sesi yang cukup menarik, "Api"
yang ini juga, permainan warna, gradasi, dan estetika penari
cukup mistis, namun ini salah satu daya tariknya
Rama, Laksamana, Hanoman, dkk, Awesome for them!
perhaps, it was the end of the story
ada saja kesempatan untuk berfoto bersama lakon
kalau yang ini bersama dayangnya... :)
and this's one..
Me and the Dancers.

"Yang perlu kita tahu, setiap bait pengalaman adalah nikmat, maka syukurilah" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...