31/12/12

Tahun Baru Kali Ini


Tidak ada perayaan spesial apalagi istimewa dari sebuah tahun baru masehi, pikirku dalam hati. Nanti malam tepatnya malam terakhir di tahun 2012, tahun kabisat, tahun keduaku di IPB tercinta, dan tahun yang menempatkanku di Usia 19 tahun. Biasa saja, ya memang seperti hari-hari biasanya. Tidak ada yang lebih istimewa dari hari ini. hmm, mungkin yang membuatku memaknai hari ini adalah untuk sebuah hal yang lebih baik dari hari kemarin demi menghindari klaim sebagai sosok yang merugi, itu saja.
Sedikit miris memang, perayaan yang lebih krusial dibanding tahun baru hijriyah memang tampak jelas di Negeri tercinta ini, negeri dengan komunitas muslim terbesar di Dunia. Sebut saja pesta kembang api, Car Free Night, dan semacamnya. Namun aku lebih mensyukurinya karena ternyata tahun baru hijriyah tidak diwarnai dengan perayaan yang terkesan berlebih-lebihan seperti itu.
Sejak kecil, saat tahun baru masehi tiba, aku selalu berada di rumah, baik ketika belum menginjak bangku sekolah maupun setelahnya. Saat sudah bersekolah dari TK hingga SMA aku selalu melewati tahun baru di rumah karena memang dijatahkan sebagai hari libur nasional. Melewati malam tahun baru di rumah pun tak membuat lebih istimewa dibanding hari-hari lain. Didikan kedua orang tua untuk tidak merayakannya sejak kecil membuatku lebih terbiasa untuk tidak tertarik dengan pesta kembang api di malam tahun baru atau semacamnya. Ya seperti biasanya, selepas sholat magrib aku mengaji sebentar, kemudian makan malam bersama, dan dilanjutkan dengan aktivitas bebas (nonton TV, dengar nasihat Ayah, atau sekedar bercengkrama dengan keluarga). Di luar sana memang gaduh terdengar bebunyian petasan, kembang api, bahkan suara motor yang bisingnya gak ketulungan.
Memaknai tahun baru kali ini? ya, semoga saja dari hari ke hari semakin menjadi sosok yang lebih baik, tetap menjadi pribadi yang saling mengingatkan satu sama lain dalam kebenaran dan kesabaran, dan yang selalu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Harapannya, tetap terhindar dari virus ‘tasyabbuh’, dan tetap istiqamah dengan amanah yang ada. Insyaallah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...