31/10/12

Mekanika Fluida, semoga tetap mengalir seperti aliran Fluida dinamis


Sebuah mata kuliah interdepartemen dari jurusan Teknik Mesin dan Biosistem Fateta IPB, mata kuliah mekanika fluida akhirnya mau tidak mau harus menjadi menu penunjang di semester tiga ini. Setelah di “suapi” dengan meteorologi dan klimatologi yang atmosfer banget, pengantar ilmu tanah dan dasar agronomi yang bikin “back to nature”, dan mata kuliah oseanografi yang bikin nerawang laut terus, maka mata kuliah Mekanika Fluida ini adalah permainan air yang dimanipulasi sedemikian rupa sehingga melahirkan banyak teori dan aplikasi yang bermanfaat untuk orang kebanyakan.
Kuliahnya? Walaupun tetep harus berjuang melawan hawa ngantuk kuliah, tapi sejujurnya kuliah ini asyik. Kurang lebih seperti mata kuliah fisika TPB, namun dengan penambahan diferensial maupun integral tertentu. Namun setelah melihat bentuk soal ujian beberapa waktu lalu, animo akan kehangatan mata kuliah ini sedikit demi sedikit berubah menjadi momok buatku. Aplikasi soalnya buat pusing, kadang gak kepikiran mau memulai ngerjain soal dari mana dulu. Tapi “so far so good” lah.
Praktikumnya? Ini nih satu-satunya praktikum dengan lebih banyak waktu luang dari pada masuk ruangannya. Palingan diawali dengan penjelasan singkat plus kuis kilat, maka akan ada 1 kelompok yang menetap di dalam untuk mengikuti praktikum dan kelompok lain akan menunggu giliran masuk dengan bercengkrama santai di luar. Ya, hasilnya seperti ini, dokumentasi yang tak pernah diduga-duga sebelumnya.

 bersama beberapa teman sekelas GFM 48

ini nih teman 1 kelompok Mekanika Fluida

Hmm, walaupun harus menunggu antrian "queue" tapi ini lebih bermanfaat buat sekedar review bahan praktikum atau sekedar mengakrabkan diri dengan teman-teman satu departemen yang akan bersama-sama selama tiga tahun ke depan. Insyaallah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...