13/06/12

Indahnya Sebuah Pilihan


Tak perlu menyesali sebuah pilihan, toh pilihan itu adalah sebuah kenyataan dan keharusan yang harus diemban. Bunga anggrek tak pernah menyesal untuk tumbuh di organ tumbuhan lain, karena itu memang pilihan hidupnya. Hujan tak pernah menahan butiran air hingga menjatuhkannya ke muka bumi ini, itu juga sebuah pilihan. Laut, hutan, gunung, bukit, dan berbagai fenomena di alam ini, mereka rela memilih sebuah kenyataan tanpa penyesalan. Sedikit berprolog tentang alam tiada salahnya bukan?
Pilihan itu indah pada akhirnya, bukankah dengan adanya kesempatan untuk memilih kita telah berhasil memanajemen diri dan memposisikan diri dalam sebuah situasi. Tiada larangan apakah kita hanya akan berkutat diantara rumitnya sebuah permasalahan, atau kita akan keluar dari zona kenyamanan dan mencoba menciptakan atmosfer yang lebih menantang. Berbekal istikharah dan dengan dukungan orang-orang di sekitar kita, pilihan akan terasa lebih indah.
Memiliki harta, melangsungkan pernikahan di usia muda ataupun kuliah hingga bergelar Doktor merupakan beberapa pilihan yang setiap orang dapat memilikinya. Kebebasan memilih kini telah digembor-gemborkan di berbagai kesempatan. Inilah saatnya memilih untuk yang terbaik, keindahan pilihan tidak terletak pada aspek kuantitatif dan fisik saja, namun lebih kepada kenyamanan orang yang melakukan sebuah pilihan. Kadar keindahan itu terjadi apabila pilihan yang kita ambil dapat menjadikan hari-hari kita menjadi lebih indah.
Bukankah memilih diantara beberapa pilihan dapat dipelajari secara fisik?. Benar, kuncinya, mulai sekarang, latihlah kemampuan anda untuk menempatkan diri diantara beberapa pilihan, kemudian mulailah untuk memilih salah satu pilihan dengan berbagai pertimbangan. Dengan terus berlatih untuk memilih, akan menjadi sebuah kebiasaan yang bernilai positif bagi diri anda.
Bukankah hidup itu pilihan.... 

Ikrom Mustofa
Bogor, 11 Juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...